A. Pengertian Kelas Maya (Virtual Class)
Pengertian dari kelas virtual adalah kelas
yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang
menerima bahan ajar. Kelas virtual berhubungan langsung dengan internet.
Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan
melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.
Kelas maya atau kelas virtual adalah sebuah lingkungan
belajar berbasis web yang :
•> Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya
jejaring pembelajaran sosial (social learning network) untuk pembelajaran dan
manajemen kelas, dan
•> Memuat konten-konten digital yang dapat diakses dan
dipertukarkan dimana saja, dari mana saja, dan kapan saja.
B. Jenis-jenis Pengelolaan Kelas Maya
Pengelolaan kelas maya dapat
dilakukan menggunakan berbagai aplikasi antara lain sebagai berikut :
1. Learning Management System
LMS atau yang lebih dikenal dengan
Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk
keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar
mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning dan
materi-materi pelatihan. Dan semua itu dilakukan dengan online.
2. Learning Content Management System
Aplikasi komputer yang digunakan
untuk membuat, memperbaharui, mengelola atau mempublikasikan isi dalam sebuah
sistem yang teroganisir dan konsiten yang bisa diakses dari intranet di
jaringan lokal atau internet.. LCMS digunakan untuk menyediakan, mengawasi,
memperinci dan mempublikasikan dokumen-dokumen spesifik seperti artikel, manual
operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur penjualan. Sebuah LCMS
dapat berisi file komputer, gambar, audio, video, dokemen elektronik dan isi
website.
3. Social Learning Network (SLN)
SLN adalah jejaring social untuk
pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar.
Menginggal skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta
dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian yang
lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.
C. Fitur Kelas Maya
Fitur kelas maya sebagai berikut :
•> Konten yang relevan dengan tujuan belajar.
•> Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek
untuk membantu belajar siswa.
•> Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk
mendistribusikan konten dan metode belajar.
•> Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur
(synchronous) ataupun belajar secara individu atau otodidak (asynchronous).
•> Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan
dengan tujuan belajar
D. Manfaat
Kelas Maya
-> Di dalam
pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat berbagai manfaat yang diperoleh oleh
para pelajar. Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar untuk
meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka di dalam penggunaan teknologi yang
terkini bagi mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu mereka juga dapat
menaik taraf penggunaan media di dalam kehidupan seharian mereka.
-> Selain dari itu, mode pelaksanaan
kelas maya ini memerlukan pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapat di
dalam forum yang telah disediakan. Melalui forum ini pelajar akan mendapat
maklumbalas dan seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi sesuatu topik
yang dibincangkan. Melalui kaedah ini, pembelajaran, pemikiran kritis dan
kreatif boleh berlaku dengan berkesan. Melalui interaktiviti juga seseorang
pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk memenuhi keperluan ingin
tahunya dan membina pengetahuan baru mengenai sesuatu konsep dan kefahaman.
Secara tidak langsung ia dapat menjadikan pelajar sebagai seorang yang
berdikari dan peka terhadap pembelajaran yang dialaminya
-> mendorong pelajar untuk
meningkatkan ilmu pengetahuan teknologi
-> dapat melatih pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapatnya
-> mendorong pelajar untuk lebih ingin tau
-> melatih pemikiran kreatif dan inovatif dengan menarik dan berkesan
-> dapat melatih pelajar untuk berinteraksi dan memberikan pendapatnya
-> mendorong pelajar untuk lebih ingin tau
-> melatih pemikiran kreatif dan inovatif dengan menarik dan berkesan
E. Pemanfaatan
pada jejaring sosial Edmondo
Edmodo
adalah program jejaring sosial untuk guru, siswa dan orang tua yang berbasis
sekolah. Sebenarnya program jejearing sosial ini telah dikembangkan mulai
September 2008 oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara. Edmodo merupakan representasi
institusi virtual yang berkantor pusat di San Mateo, California.
Kenapa harus Edmodo ?
Karena Edmodo merupakan jejaring sosial yang dapat
diakses dimana saja asal ada internet, aplikasinya gratis, interfacenya mirip
facebook(familiar dengan dunia anak saat ini),
Keunggulan Edmodo, antara lain menyediakan fasilitas
yang mudah dan aman dalam mengembangkan kelas sesuai dengan keinginan, memberi
kesempatan terjadinya pembelajaran sesuai karakteristik murid yang berbeda
secara personal, dan menyediakan sarana komunikasi bagi guru,siswa dan orang
tua/wali murid secara personal.
Keunggulan lainnya adalah Edmodo akan memudahkan guru,
siswa dan orang tua dalam berbagai ide /gagasan, berbagi file, penugasan PR,
penilaian, kuis/ulangan, polling, diskusi, mengingatkan tugas dll.
Namun kekurangan pada edmodo adalah yang pertama, Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing), yang kedua “Languange” penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa, dan yan g ketiga Video Conference belum tersedia, hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas
Namun kekurangan pada edmodo adalah yang pertama, Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing), yang kedua “Languange” penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa, dan yan g ketiga Video Conference belum tersedia, hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas
No comments:
Post a Comment