Thursday 7 September 2017

future plan

Pengertian Simple Future Tense
Simple future tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi terjadi dimasa depan, secara spontan atau terencana. Tense ini juga dapat digunakan untuk membentuk conditional sentence tipe 1.

Future Plan by Using Present Continuous


hmm... kapan ya kita  biasanya kita menggunakan Present Continuous? Yup, bener banget! Present continuous digunakan ketika kita ingin menyatakan sebuah kegiatan (activity) yang sedang berlangsung.
Lho kok? Jadi? Kalo gitu, emang bisa ya Present Continuous dipake buat menyatakan future plan?
Jawabannya; BISA BANGET! Ternyata salah satu fungsi dari Present continuous adalah untuk menyatakan sebuah rencana yang akan kita lakukan dimasa yang akan datang. Kalo kerennya sih ‘Future Plan’ itu tadi.
Nah, dalam hal ini yang harus sahabat BDBI perhatikan adalah, rencana yang dimaksud hanyalah sebuah rencana, kita masih memikirkan, mempertimbangkannya, dan bisa jadi rencana tersebut berubah total di masa yang akan datang.

Dino: I’m thinking of going to Singapore for my next holiday.

Penjelasan: Mengapa Dino menyatakan rencana nya pergi ke Singapura menggunakan Present Continuous tense? Itu karena rencana tersebut masih di pertimbangkan, masih difikirkan, oleh Dino. Jadi, bisa saja next holiday Dino gak jadi ke Singapura tapi malah pergi ke Amerika, Australia, German, atau ke tempat lainnya. Kira-kira begitu.

We’re planning to go for a movie this week end.

Penjelasan: Sama seperti kalimat pertama, penggunaan Present continuous tense pada future plan diatas adalah untuk menunjukkan bahwa ‘pergi nonton’ hanyalah sebuah rencana yang masih di fikirkan, pada faktanya nanti (week end), bisa saja ga jadi nonton tapi malah pergi ke pantai, belanja, atau melakukan hal-hal lainnya. Eitt…tapi bisa jadi juga rencananya pegi nonton jadi kenyataan.

Andi is hoping to start it by next month.

Penjelasan: Andi menyatakan future plan-nya dengan present continuous karena ia masih merencanakan kapan ia memulai pekerjaannya, mungkin saja bisa bulan depan ataupun berubah menjadi minggu depan, tiga minggu lagi, atau bahkan 2 bulan lagi.

Kelvin: I am playing with the idea of buying a new car for my lovely wife.

Penjelasan: Waduh…kalo yang ini mungkin aja si Kelvin lagi PHP-in istri nya. Lho kok? Yup, pada kalimat diatas, jelas si Kelvin menyatakan future plan nya menggunakan future plan.
Jadi ia sebenarnya masih mempertimbangkannya. Mungkin aja ga jadi beli mobil, malah beli motor, sepeda, atau bahkan ga jadi beli. #hahaha
Kabar baiknya, mungkin aja si kelvin lagi mikir-mikir mobil warna apa yang kira-kira cocok untuk sang istri. Kira-kira begitu deh… 

No comments:

Post a Comment